Wednesday 1 January 2014

Selamat Tinggal 2013! Selamat Datang 2014! (2)

Pendidikan di Mapasadha tidak selesai setelah orientasi. Ada yang namanya pendidikan lanjut di mana kami lebih memperdalam empat divisi di Mapasadha (rafting, HG, caving, dan climbing). Ini tidak hanya berlaku bagi AM, namun juga untuk AP yang notabene senior kami. Saya kali ini rafting beneran di sungai Elo! Caving di gua vertikal beneran (bukan di jembatan Babarsari)! Dan climbing di tebing beneran! Hahaha asik banget. Saya mencoba untuk rigging ketika akan turun gua. Ya nggak sampe bawah, sih. Nyali saya belum cukup kuat untuk mencoba membuat jalur dan turun lebih dulu. Well, setidaknya saya mencoba dan saya harus menghargai keberanian saya. Satu momen lagi yang saya suka, saya mencoba membuat jalur panjat artifisial, menjawab tantangan dari seorang alumni Mapasadha (yang selanjutnya disebut mas Tholo). Tidak tinggi, namun saya bangga bisa berada di atas sana kala itu. Saya sendiri tidak percaya karena hampir saja saya menyerah di tengah jalan. Terima kasih dukungannya, teman-teman :)

Mulai bulan Juli, saya mengikuti latihan drama untuk dipentaskan saat malam puncak Psychofest. Latihannya tiga kali seminggu. Terakhir kali saya latihan kayak gini waktu SD, dalam rangka hari Natal seingat saya. Ah, malah ingat seseorang. Haha.. Saya suka pementasan teater dan mendapat kesempatan bermain untuk acara fakultas tentu menarik sekali! Maka di samping kesibukan di Mapasadha, kegiatan di fakultas juga jalan. Kami sempat mengadakan makrab di pantai Sadranan. Di sinilah, aku mulai dekat dengan orang-orang yang sebelumnya hanya kukenal namanya. Bukan hanya teman seangkatan, namun juga kakak angkatan. Mereka semua orang hebat, saya bangga bisa bekerja sama dengan mereka :) Oh ya, di sini saya dapat panggilan baru, Zonk. Entah harus ikutan bangga dengan panggilan baru itu atau prihatin. Haaa -__-

Di bulan yang sama, saya melakukan pendakian ke Merbabu bersama teman-teman Mapasadha dan Sexen. Saya bertemu dengan teman-teman baru lagi. Selalu ada seleksi dalam konteks apapun. Seperti waktu mau muncak, hanya sepuluh orang yang berangkat pagi-pagi buta melawan udara dingin demi sunrise. Yang sampai di atas hanya sembilan orang, termasuk saya. Orang-orangnya menyenangkan, jadi sepanjang jalan selalu diisi dengan tawa dan nyanyian :) Meskipun misi tidak tercapai, kami tetap happy! Hahaha

Bulan Agustus adalah bulan dengan momen terbaik, saya berangkat ke Rinjani. Melakukan perjalanan panjang dan melelahkan untuk kegiatan Jelajah Mapasadha. Yang berangkat hanya empat orang dan saya satu-satunya AM. Saudara-saudara seangkatan saya tidak ikut karena jadwalnya bertabrakan dengan jadwal KRS. Sebenarnya saya juga, tapi saya kembali ambil resiko KRS diwakilkan. Heheh keputusan ini adalah keputusan yang berat dan saya berpikir berkali-kali untuk ikut kegiatan ini. Saya rasa ini adalah Gold Achievement di tahun 2013. Saya belajar banyak hal baru karena kegiatan ini. Mulai persiapan sampai pasca kegiatan. Kegiatan kami tidak hanya mendaki, namun juga mengenal lebih jauh kebudayaan di Desa Torean, sebuah desa di kaki gunung Rinjani. Saya kembali bertemu dengan keluarga baru dan lagi-lagi sepertinya saya menjadi anak kesayangan :) Sampai sekarang saya masih berkomunikasi dengan mereka, begitu juga dengan keluarga di Wonogiri. Saya sedang menulis kisah saya selama Jelajah. Semoga akhir Januari sudah selesai dan bisa kalian baca entah nanti bagaimana caranya.

Bulan September penuh dengan tugas-tugas kuliah. Saat-saat seperti ini hubungan saya dan teman-teman sekelas semakin erat, begitu juga mereka dengan teman-teman lain. Kami jadi semakin mengenal satu sama lain lewat tugas-tugas kelompok. Saya senang beberapa dari mereka cerewet dan gila sama seperti saya. Hahaha.

Mapasadha sibuk dengan kegiatan PAB, Open House, dan bersih sungai. Bersih sungai adalah salah satu rangkaian HUT dan merupakan acara yang cukup besar karena melibatkan banyak sekali pihak. Persiapannya hanya dua minggu. Tapi setelah acara ini selesai, banyak kelompok-kelompok lain yang membuat kegiatan serupa :) Saya tidak terlibat begitu dalam, tapi saya belajar dari memperhatikan bagaimana panitia dibantu alumni bekerja keras mewujudkan acara ini. Ini pekerjaan luar biasa dan mereka bekerja dengan luar biasa!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...