Monday 23 April 2012

Salah Sasaran

Pernah nggak punya pengalaman mau nolong orang tapi salah sasaran? Aku pernah.. Begini ceritanya.. Kemarin siang aku sama mama, papa, dan adek2ku pergi makan di KFC UGM, depan Mirota Kampus. Selesai makan kita  pulang (yaiyalah, masa' mo cuci piring dulu). Nah, pas mau nyebrang jalan (mobilnya di parkiran mirota), ada nenek gendong barang-barang di punggungnya, waktu itu posisinya lagi berdiri di pembatas jalan. Kayaknya mau nyebrang gitu. Kasian banget nenek itu di-klaksonin sama mobil-mobil yg melaju karena saat itu lampu lalu lintas berwarna hijau. Aku sama rombongan (mama papa adek2) -dan ada tukang becak juga- ikut menyaksikan adegan berbahaya bin mematikan itu *lebay*.
Mama: aduh, kasian itu neneknya, pigi tolong jo, kak.
Nane : iyo e, kasian dia mo nyebrang.
Aku  : ha? oh, ya.
Maka ketika kami sampai di pembatas jalan, aku, dengan sigap dan percaya diri, pergi menghampiri si nenek dengan senyum ramah layaknya senyuman mbak2 SPG, lalu kujemput tangannya yg lagi memegang sebuah wadah. Nenek itu menatapku bingung (mungkin dia pikir aku mo nyulik dia kali ya). Seakan tau apa yg akan kulakukan selanjutnya, nenek itu nyeletuk, "eee, mboten sah, mbak. kula mriki mawon. mboten purun ngidul." Aku balik ngliatin nenek itu, dan tiba2 sadar: Nenek itu lagi kerja! (minta-minta uang) Aku bengong, "eh, ooh, iya, mbah." Kemudian aku kembali ke rombongan dengan was2, kali aja ada pengendara mobil yg menyaksikan adeganku barusan (aku yakin ada). Mama dan Nane menyambutku dengan tawa (kayaknya tukang becak di belakangku juga ikut ketawa). Sial. Sampe di seberang bahkan sampe udah pd duduk di mobil pada ngakak gak berhenti-berhenti tuh lho. Aku jadi ikutan terbahak-terbahak sambil reka ulang kejadian yg baru saja berlalu. Pantesan neneknya bawa2 wadah. Gagal deh, misi penyelamatanku hari itu...

2 comments:

  1. makanya tanya dulu mau nyebrang gak, wkwkkk

    ReplyDelete
  2. kan reflek, Bay. hahaha.. efek suara klakson mobil, kata2 mama dan adekku, serta mimik wajah tukang becak..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...