Thursday 30 June 2011

RAPORTKUUUU...

Libur t’lah tiba.. Libur t’lah tiba.. Hatiku gak gembira-gembira banget, sih ya..

Setelah menyelesaikan semester 2 tahun ajaran 2010/2011, seperti tradisi tiap semester selesai: raport dibagikan. Dan hasil perjuanganku selama semester 2 (dilihat dr peringkat kelas) ini tidak memuaskan! WOW! Kok bisa? Ya bisalah. Orang bukan aku yang ngisi nilainya. Kalo aku yg ngisi, udah bukan peringkat 1 di kelas lagi tapi juga di sekolah.. #mimpii..

Mari evaluasi apa saja yg sudah dilakukan di semester 2 ini?
-          Belajar di sekolah
Ini sih, wajar ya.. Mulai agak gak wajar kalo belajarnya gak serius, malas-malasan. Malas-malasan. Malas mencatat (gak sadar apa ya kalo gak punya buku sumber belajar? Beli bukunya pas udah awal bulan Mei. Gak niat sekolah.), malas ngerjain tugas, apalagi ngumpulinnya. Beeeeuuhh, ini nih penyakit akut semester 2 yg belum sempat ditangani, eh….. tau-tau udah habis aja semesternya..

-          Belajar di rumah
Hah, udah biasa belajar di rumah: kalo ada PR (ini aja modelnya ‘ngerjain yg penting ngerjain’. Piye kui?), kalo mau ulangan (sistem kebut semalam selalu digunakan terutama utk mata pelajaran berumus-rumus seperti fisika dan matematika), kalo mau remidi, kalo lagi sadar kudu belajar.

-          Mengerjakan proyek-proyek ‘akademik’ dan temannya
Meskipun nilai mid semesterku baik, tetep aja judulnya beda. Mid semester itu nilai murni, sedangkan semester adalah nilai akumulasi dari tugas dan ulangan harian selama satu semester. Kesimpulannya, nilai tugas dan UH ku tidak bagus. Kenapa?

Mari asumsikan salah satu penyebabnya adalah kegiatan lain selain belajar di kelas. Seperti kepanitiaan-kepanitiaan agenda kegiatan sekolah: CIS (dilaksanakan setelah mid semester. Nilaiku ternyata masih bagus), Movie Festival (festival film Bahasa Inggris hasil karya siswa kelas XI), dan Pensi (no comment). Kemudian ada proyek pembuatan film berbahasa Inggris (yg sudah aku sebutkan festivalnya tadi) yang seharusnya udah selesai dari zaman semester sebelumnya tapi kemudian baru mencuat di semester 2 ini. Gara-gara aku juga sih, yang gak bisa ngurusin filmnya L. Baru bulan April film ini dikebut waktu pengerjaannya. Setengah mati pontang-panting nyusun jadwal syuting dan apalah itu kawan-kawannya. Meskipun akhirnya selesai juga dengan hasil yg cukup memuaskan berkat kerjasama tim yang hebat dari teman-teman sekelas. Saya rasa kegiatan inilah yg benar-benar menguras waktu, pikiran, tenaga, pulsa, uang, listrik, dan apalagi mohon ditambahkan kalo masih ada..

-          Sekolah sebagai rumah kedua
Semenjak pembuatan film, sekolah seolah-olah menjadi rumah kedua. Hampir setiap hari waktu 10 jam dihabiskan di sekolah. Saking betahnya di sana. Kalo yang satu ini tidak patutlah hanya menyalahkan diri sendiri, tapi salahkan juga kenapa sekolahnya bisa bikin betah -___-

#pembelaan sekolah: kamu senang dengan suasana di depan kelasmu, yang banyak pohonnya, rindang, dan terasa hangat ketika matahari pagi ataupun matahari sore menyapamu di depan kelas. Kamu betah karena banyak teman yang menemanimu bercengkrama dan bertukar pikiran setelah sekolah usai. Kamu menutup mata akan hal lain di luar lingkungan sekolah karena hal-hal itu. Aku berterimakasih karena kau sudah mau menemaniku hingga petang menjemput. Kucoba untuk mengingatkanmu dengan ajakan pulang temanmu, kau tak menghiraukan. Ku coba membujuk langit agar mendatangkan mendung, tak kau gubris. Akhirnya kuputuskan, biar dirimu saja yg menentukan.


Apa benar begitu? Baiklah, aku mengakui perbuatanku benar-benar sudah overdosis a.k.a kelewatan. Malu aku sama papa.. M e n g e c e w a k a n bangeeett L. Kasihan ya? Bukan saatnya untuk berkasih-kasihan. Saatnya memulai komitmen baru untuk menghadapi tahun ajaran baru. Persaingan di depan semakin berat. Strategi harus mulai kususun, pedang akan kuasah, tameng dan jubah akan kusiapkan, pensil akan kuraut (lho!?).  Pokoknya aku siap mengeluarkan ‘aku’ yang terbaik tahun ajaran ini!!! Just wait and see…

Untuk teman-teman yg mungkin mengalami atau merasakan hal yg sama, berikut pesan sponsor mll tulisan teng telecek di atas: “bukan masalah pintar atau bodoh, nilai bagus atau jelek, mencontek atau tidak mencontek, tapi masalah sigap atau tidak sigapnya kita mengambil kesempatan yg ada dan menghargai serta memanfaatkannya sebaik mungkin.”  #Dengerin lagunya Sheila On 7 deh, yang judulnya "Pemenang", sungguh menggugah semangat..!! ^_^ SELAMAT BERJUANG!!


-aud

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...